Perawatan puyuh dewasa

Perawatan puyuh dewasa
Puyuh dewasa
Setelah membahas perawatan anak puyuh di pembahasan sebelumnya, kali ini saya akan membahas perawatan puyuh dewasa. Dalam hal ini saya akan membahas bagaimana perawatan puyuh petelur ya, bukan perawatan puyuh pedaging, blog ini juga seluruhnya membahas bagaimana cara beternak puyuh petelur (karena pengalaman saya adalah memelihara puyuh petelur). Perawatan puyuh dewasa tidaklah sulit, ilmu nya hanya pada jangan sampai puyuh kekurangan makan dan minum, jadi usahakan bagaimana cara nya pakan dan minum selalu tersedia agar produktivitas telur puyuh tidak menurun.

1. Persiapan kandang
Kandang puyuh dewasa berbeda dengan kandang puyuh anakan. Kandang puyuh dewasa lebih terbuka tidak seperti kandang puyuh anakan yang harus terjaga kehangatannya. Ilmu kandang puyuh dewasa adalah bagaimana caranya agar kandang puyuh tidak panas, karena hal ini akan berakibat pada menurunnya kualitas telur puyuh. Kandang puyuh dewasa dibuat bertingkat-tingkat dengan ukuran per slot nya sekitar 1,2 meter x 0,8 meter x 30 cm (ingat ukuran kandang puyuh dewasa bebas, menyesuaikan saja. Ilmunya bagaimana kandang tidak terasa panas dan ketinggian kandang cukup untuk puyuh tegak sempurna saja, karena jika terlalu tinggi burung puyuh sering terbang).
Perawatan puyuh dewasa
Kandang puyuh dewasa
Selain itu perlu disiapkan juga lantai tempat menampung kotoran puyuh yang bisa ditarik keluar. Jangan lupa memberikan ruang tempat keluarnya telur, jadi sistemny lantai kandang yang terbuat dari kawat harus dibuat miring agar telur bisa menggelinding keluar (perhatikan gambar diatas dibawah tempat pakan).

2. Pakan dan minum
Siapkan tempat pakan yang bisa kita buat sendiri dari triplek, buat agak panjang dan ditaruh diluar kandang, jadi puyuh nantinya akan mengeluarkan kepalanya saja untuk mengambil pakan, begitu juga minum. Pakan yang saya gunakan untuk puyuh dewasa adalah comfeed puyuh petelur, dengan pakan ini biasanya akan menghasilkan sekitar 80% telur dari total jumlah puyuh betina dalam satu slot kandang. Sebenarnya ada banyak merk pakan, tapi saya belum pernah pakai selain merk tersebut. Untuk minum, di dalam rumah kandang puyuh saya sudah siapkan bak tampung air hujan yang besar, selain untuk membersihkan kandang, saya gunakan air hujan ini sebagai minum puyuh. Alasan nya sederhana, jika saya menggunakan air ledeng maka akan menambah biaya produksi. Di dalam minuman puyuh ini saya biasa menambahkan sedikit puyuh medi egg (vitamin telur)
Perawatan puyuh dewasa
Puyuh medi egg
Fungsinya adalah untuk menambah kualitas dan kuantitas telur. Percaya atau tidak jika sering diberikan puyuh medi egg telur puyuh nya menjadi besar-besar bahkan banyak yang dalam satu telur kuning telur nya ada dua. Untuk takaran nya sedikit saja, yang penting air nya sudah jadi agak kuning lah.
Selain puyuh medi egg, saya biasa menambahkan vita stress saat saya melakukan pindah kandang atau sortir puyuh.
Perawatan puyuh dewasa
Vita stress
Untuk puyuh medi egg dan vita stress sendiri terus terang saya ngga terlalu sering memberikan ke puyuh, bukan karena tidak baik, tapi karena saya mau ngirit pengeluaran, hha...

3. Perawatan puyuh dewasa
Jumlah betina dalam satu slot kandang nya saya taruh 35 ekor dengan ukuran kandang seperti gambar diatas. Dari 35 ekor burung puyuh betina ini biasa menghasilkan telur 28-30 butir per hari. Ilmu jumlah puyuh dalam satu slot adalah jangan terlalu padat dan juga jangan terlalu sedikit. Biasa nya kalo kebanyakan produktivitas telur nya akan menurun, kalo terlalu sedikit biasanya tidak mau bertelur, jadi harus pas. Untuk pembuangan kotoran sendiri saya biasa membuang nya seminggu sekali, kotorannya biasa saya jual untuk pupuk.

Download buku panduan ternak puyuh

Oke sekian dulu share mengenai perawatan puyuh dewasa, kalo ada yang tidak paham bisa tinggalkan kolom komentar di bawah.

Comments