perhitungan keuntungan ternak puyuh

Ternak puyuh
Telur puyuh. Sumber: pribadi
perhitungan keuntungan ternak puyuh sudah pasti harus dilakukan, namanya saja berjualan, jika tidak untung untuk apa dilanjutkan. namun sebelum membahas keuntungan, ijinkan saya membahas apa saja yang bisa kita jual ketika memutuskan untuk menjadi peternak puyuh.

1. telur puyuh
sudah pasti, telur puyuh ini menjadi komoditas utama, sebab yang dibahas dalam blog ini memang Bagaimana cara beternak puyuh petelur. menjual telur puyuh sangatlah mudah, telur puyuh kan masuk dalam kebutuhan pokok, segala sesuatu terkait kebutuhan pokok biasanya akan mudah untuk menjualnya, namun satu hal yang perlu digaris bawahi, biasanya ketika berjualan barang kebutuhan pokok, maka keuntungan nya tidak sebesar jika kita menjual kebutuhan sekunder maupun tersier.

disaat aku beternak puyuh di Batam dulu, terakhir aku menetapkan harga satuan telur puyuh Rp 320,-. harga tersebut merupakan harga penjualan. harga modal nya sekitar Rp 230- 260 per butir jika aku tidak salah.


2. burung puyuh apkir
yang dimaksud burung puyuh apkir adalah burung puyuh yang sudah mulai berkurang produktivitasnya dalam bertelur. biasanya burung puyuh memasuki masa apkir sekitar usia 9 bulan setelah menetas.

ciri burung puyuh apkir yang paling telihat adalah bulunya yang sudah mulai rontok dan tidak rapi. aku biasa menomori setiap slot kandang yang aku punya serta aku sudah memberi label kapan puyuh dalam masing-masing slot kandang menetas, sehingga aku tahu kapan harus mengapkirkan burung puyuh.

aku biasa melakukan sortir burung puyuh setiap sebulan sekali, jadi hampir setiap bulan akan ada penjualan burung puyuh apkir. jumlahnya tidak banyak, paling hanya sekitar 30-an ekor burung dari total 500 burung puyuh yang aku punya.

aku biasa menjual Rp 5.000,- per ekor untuk burung puyuh yang sudah aku sembelih dan sudah aku kuliti, jadi aku menjualnya sudah seperti bentuk ayam potong.

untuk masalah tempat penjualan sendiri aku tidak pernah repot, biasanya sudah banyak penjual pecal lele yang mengantre untuk membeli burung puyuh.


3. kotoran puyuh
selain telur dan burung puyuh itu sendiri, ketika beternak puyuh maka Anda juga bisa menjual kotoran puyuh.

kotoran puyuh yang aku jual adalah kotoran puyuh yang sudah kering, biasanya akan digunakan untuk pupuk tanaman. ketika beternak puyuh, maka dibawah setiap slot kandang sudah diletakkan triplek yang bisa dikeluar masukkan dari slot kandang,

fungsi dari triplek ini adalah sebagai tempat menampung kotoran puyuh. aku biasa menarik slot kotoran puyuh seminggu sekali dan akan aku biarkan dulu menjadi satu tumpukan kotoran puyuh hingga kotoran menjadi kering dan tidak berbau lagi.

kotoran itu biasanya menyimpan panas, termasuk kotoran puyuh, jadi jika kotoran puyuh yang masih baru langsung dijadikan pupuk tanaman maka sudah bisa dipastikan tanaman Anda akan mati, oleh karena itu diperlukan proses pengeringan.

dalam sebulan aku bisa mengumpulkan kotoran puyuh siap jual sebanyak tiga karung bekas pakan puyuh (karung 50 kg), kotoran ini aku jual ke penjual tanaman di pinggir jalan dengan harga Rp 20.000,- per karung.

biasanya penjual tanaman tidak akan mau menerima kotoran puyuh yang masih basah, jadi pastikan Anda menjual kotoran puyuh yang sudah dalam bentuk kering.


oke, mari kita lanjut ke perhitungan keuntungan ternak puyuh. dari tiga item diatas, saya akan mencoba menjabarkan perhitungan keuntungan ternak puyuh.

kita ambil contoh total keseluruhan burung puyuh 500 ekor, terdiri dari 350 ekor puyuh betina dewasa produktif, 20 ekor puyuh jantan dewasa, 100 ekor anakan yang baru menetas, dan 30 ekor puyuh apkir siap jual.

produktivitas telur puyuh kita umpamakan 80%. harga telur puyuh Rp 320,- per butir. harga pakan puyuh dewasa Rp 320.000,- per karung (50 kg) (biasanya lima hari habis). harga pakan anakan Rp 8.000,- per kg.

350 ekor x 80% = 280 butir per hari x Rp 320,- = Rp 89.600,- per hari (penghasilan utama perr hari)

penghasilan:
(penjualan telur) Rp 89.600,- x 30 hari =                                                         Rp 2.688.000,-
(penjualan 30 ekor puyuh apkir) Rp 5.000,- x 30 ekor =                                 Rp    150.000,-
(penjualan kotoran puyuh sebulan) Rp 20.000,- x 3 karung =                         Rp      60.000,-

total penghasilan =                                                                                            Rp 2.898.000,-


dikurangi:
pakan 400 ekor puyuh dewasa = 10 kg per hari x 30 hari=0
300 kg = 6 karung @Rp 320.000,- per karung =                                           (Rp 1.920.000,-)

pakan anakan 100 ekor, pemberian pakan hingga berumur sebulan
20 kg pakan @ Rp 8.000 per kg x 20 kg =                                                    (Rp    160.000,-)

vita egg dan vita stress (suplemen) masing-masing satu bungkus
total=                                                                                                              (Rp      40.000,-)

listrik untuk lampu kandang dan lampu mesin tetas                                      (Rp      15.000,-)

plastik mika bening untuk packaging penjualan                                            (Rp      50.000,-)


keuntungan=                                                                                                    Rp     713.000,-


perhitungan diatas hanyalah perhitungan secara garis besar, belum termasuk biaya overhead seperti resiko telur pecah, tidak laku, bensin motor untuk mengantar telur ke pasar (ada 3 pasar), kotoran yang tidak terjual, telur yang dimakan tikus, puyuh yang dimakan tikus, dan tidak setiap bulan akan ada puyuh apkir yang siap jual. kalo dirata-ratakan sebulan saya bisa mengantongi keuntugan bersih sekitar Rp 400-500 ribuan setelah saya kurangi sedekah.

jangan main-main dengan sedekah, jika Anda ingin segala usaha Anda akan berhasil, maka jangan takut bersedekah. kalo aku boleh berbagi kunci sukses ku dalam beternak puyuh, kunci suksesnya adalah berbakti kepada orang tua dan bersedekah. jangan takut bersedekah yang banyak, maka Anda akan merasakan keajaaiban sedekah.

Download buku panduan ternak puyuh

kalo tidak pervaya, silahkan buktikan sendiri. sedekah kan uang Anda maka uang itu akan kembali berlipat ganda kepada Anda.








Comments