Cara membedakan puyuh jantan dan betina

Beda puyuh jantan dan betina
Beda puyuh jantan dan betina
Bagi peternak puyuh senior tentu tidaklah sulit membedakan puyuh jantan dengan puyuh betina, namun bagi pemula, Anda mungkin saja akan menemukan kesulitan saat membedakan puyuh jantan dengan puyuh betina, untuk itu saya akan mencoba menjelaskan bagaimana cara membedakan puyuh jantan dengan puyuh betina dengan bahasa saya sendiri.

1. Dimulai dari telur
Saat Anda akan menetaskan telur puyuh, biasanya bakal puyuh jantan memiliki bentuk telur yang lebih lancip jika dibandingkan dengan puyuh betina. Hal tersebut kadang benar dan kadang juga salah, tidak jarang telur puyuh jantan memiliki bentuk agak bulat begitu sebaliknya, namun saya biasa menggunakan alat yang bisa dikatakan agak klenik untuk membedakan telur bakal puyuh jantan dengan telur bakal puyuh betina, yaitu menggunakn cincin emas yang diikat menggunakan benang, diamkan cincin emas yang sudah diikat benang ini diatas telur puyuh yang akan kita tes Apakah telur puyuh tersebut jantan atau betina. Jika cincin yang digantung ini bergerak membentuk garis lurus (kekiri dan kekanan seperti ayunan) artinya bakal telur puyuh tersebut jantan, namun jika cincin emas yang digantung emas ini saat dilgantung tepat diatas telur puyuh ini bergerak memutar (membentuk lingkaran) artinya telur puyuh tersebut kemungkinan betina. Saya antara percaya dan tidak percaya hal tersebut namun sudah pernah saya coba dan berhasil membuat telur yang saya tetaskan sebagian besar betina. Maklum saja seluruh artikel yang ada di blog ini hanya membahas bagaimana cara beternak puyuh petelur dan jika Anda ingin beternak puyuh petelur, kehadiran puyuh jantan hanya dibutuhkan untuk kandang fertil saja, maka selain kadang fertil tidak perlu diisi puyuh jantan, sebab tanpa puyuh jantan pun puyuh betina sudah bisa bertelur sendiri tanpa kawin jika Anda memberikan pakan khusus puyuh petelur.
Telur puyuh jantan vs telur puyuh betina
Telur puyuh betina vs jantan
2. Dimulai dari saat menetas
Dari cerita yang sering aku dapat dari para peternak puyuh, katanya saat baru menetas, sudah bisa dibedakan mana puyuh jantan dan mana puyuh betina, anakan puyuh dengan warna dominan kuning maka puyuh jantan, sementara anakan puyuh dengan dominan hitam maka puyuh betina. Sekali lagi hal tersebut tidak sepenuhnya benar, sebab ada beberapa jenis puyuh bahkan memiliki warna putih.

3. Dengan membedakan warna puyuh dewasa
Berdasarkan pengalaman dari peternak puyuh, jika jenis puyuh yang Anda miliki adalah jenis puyuh yang memang seluruh puyuh berwarna coklat, maka cara membedakan puyuh jantan dengan betina tidaklah sulit untuk puyuh yang sudah dewasa.
Puyuh jantan vs puyuh betina
Puyuh jantan vs puyuh betina
Dari gambar sudah sangat jelas terlihat mana puyuh jantan dan mana puyuh betina. Puyuh jantan memiliki bulu kuning dibawah leher sementara puyuh betina memiliki bulu hitam dibawah leher.

4. Dengan membedakan dari suara dan kemampuan terbang
Untuk yang satu ini mudah saja, puyuh yang biasa bersuara adalah puyuh jantan, puyuh betina tidak bisa bersuara, sama seperti ayam lah pokoknya, yang berkokok kan yang jantan, yang betina aku ngga tau bisa berkokok apa tidak. Untuk suara puyuh jantan sendiri coba cari di youtube deh! Siapa tau ada.

Selanjutnya kemampuan terbang, puyuh jantan memiliki kemampuan terbang tinggi, bahkan bisa dikatakan sama seperti burung pada umumnya, sekali terbang bisa ngga balik lagi tu puyuh jantan. Namun tidak demikian dengan puyuh betina yang hanya bisa terbang rendah, bahkan bisa dikatakan tidak terbang.

5. Dengan membedakan bentuk kelamin
Puyuh jantan vs puyuh betina
Puyuh jantan vs puyuh betina
Dari gambar diatas bisa dilihat puyuh jantan memiliki tonjolan di bagian kelamin nya dan jika ditekan biasanya akan keluar cairan putih seperti busa. Namun untuk puyuh betina bentuk kelamin nya hanya seperti tanda minus (-) dan jika sudah mulai bertelur (usia 45 hari setelah menetas) biasanya jika hari itu puyuh betina akan bertelur, pagi sebelum bertelur sudah bisa diraba bokongnya ada telur nya.

Dari beberapa cara untuk membedakan puyuh jantan dengan puyuh betina diatas, aku biasa menggunakan cara nomor 5, sebab puyuh yang aku pelihara adalah jenis puyuh jepang, ada banyak puyuh yang berwarna putih meski ketika menetas awalnya berwarna kuning, sehingga aku kesulitan mencari perbedaan puyuh jantan dengan puyuh betina saat masih kecil, sehingga biasanya ketika puyuh berusia 30 hari baru aku sortir mana puyuh jantan dengan puyuh betina, yang akan aku gunakan untuk berproduksi hanya puyuh betina, puyuh jantan ketika usia 45 hari maka akan aku jual dan masuk ke warung puyuh penyet, hha..

Download buku panduan ternak puyuh

Sekian dulu share nya, silahkan tinggalkan komentar jika ada yang kurang jelas.

Comments