Perawatan anak puyuh

Perawatan anak puyuh
Anak puyuh
Setelah sebelumnya saya membahas cara menetaskan telur puyuh, sekarang saya akan membahas bagaimana cara perawatan anak puyuh. Kategori anak puyuh menurutku tiga minggu sejak menetas sebelum saya pindahkan ke kandang pembesaran.

1. Kandang anakan
Untuk kandang anakan, saya gunakan kandang berbeda dengan kandang puyuh dewasa. Kandang nya dibuat sangat sedikit ventilasi udara tidak seperti kandang puyuh dewasa yang bagian atas bawah kiri kanan depan belakang semua nya dari kawat, namun kandang anakan kiri kanan depan belakang saya buat dari triplek hanya saja bagian depan kandang saya beri kawat sedikit dan bagian lantai nya dari kawat ram yang ukuran lubangnya kecil-kecil jadi kaki anak puyuh tidak terperosok ke bawah tapi kotoran nya bisa jatuh kebawah. Ukuran kandang anakan yang saya miliki memiliki panjang 1 meter x lebar 1 meter x tinggi 30 cm. Saya buat 4 lantai dengan triplek tempat menaruh kotoran yang bisa dikeluar masuk untuk membersihkan kotoran puyuh saat sudah penuh. 
Perawatan anak puyuh
Kandang anakan
Didalam kandang anakan tersebut harus sudah diberikan tempat minum dan tempat makanan yang sudah terisi. Selain itu siapkan juga lampu pijar/bohlam untuk menjaga suhu di dalam kandang anakan tetap hangat.

2. Pakan dan minum
Selama 3 minggu pertama sejak burung puyuh menetas, untuk perawatan anak puyuh maka pakan yang saya berikan adalah pakan anak ayam, biasa saya berikan 511. 
Pakan anakan puyuh
Pakan anakan puyuh
Didalam kandang anakan harus diberikan wadah tempat makan (biasa saya gunakan nampan yang diatas nya saya berikan kawat agar pakan tidak habis karena dikais kais anak puyuh). Tidak ada teori berapa kali sehari kita memberikan pakan, yang penting jangan sampe habis, karena saat anakan puyuh sedang mengalami masa pertumbuhan, jangan sampai pertumbuhannya terganggu karena kekurangan pakan. Saya biasa menaruh dua nampan pakan didalam kandang anakan, tujuannya agar puyuh tidak berebutan. 
Selain pakan, hal yang paling penting adalah minum. Jangan sampai puyuh kehabisan minum. 
Tempat minum puyuh
Tempat minum puyuh
Tempat minum puyuh sekelilingnya harus diberikan kelereng, fungsi nya adalah agar anak puyuh tidak berenang di tempat minum dan mati, untuk jumlah kelereng kira-kira saja, jangan terlalu rapat sampai-sampai anak puyuh tidak bisa minum lagi, tapi jangan pula terlalu renggang sehingga anakan puyhh masih bisa menceburkan dirinya dalam tempat minum dan langsung mati. Tempat pakan dan minum saya taruh dalam kandang anakan puyuh. Saran saya, tempat minumnya digantung saja dalam kandang anakan, tujuan nya agar air tidak gampang tumpah.

3. Perawatan anak puyuh
Sebenarnya perawatan anak puyuh ini sangatlah mudah. Kita hanya perlu memberi makan minum dan menjaga kandang anakan tetap hangat. Didalam kandang anakan sudah kita berikan lampu pijar, saya biasa gunakan lampu pijar yang 60 watt satu buah untuk ukuran kandang anakan seperti yang saya sebutkan diatas. Jika Anakan puyuh menjauhi lampu sejauh-jauhnya dan berkumpul dipinggir-pinggir kandang, itu artinya lampu pijar terlalu panas, solusinya ganti watt lampu pijar dengan watt yang lebih kecil. Sebaliknya, jika anakan puyuh terlihat berkumpul disekitar lampu sampai bertumpuk-tumpuk, itu artinya kandang anakan terlalu dingin, solusinya bisa mengganti watt lampu pijar dengan yang lebih besar atau menutup ventilasi depan kandang dengan koran. Satu lagi, jangan sekali-sekali melapis koran atau kertas diatas lantai kandang anakan dengan tujuan ketakutan anakan puyuh kakinga jeblos sebab hal ini bisa menyebabkan anakan puyuh lumpuh, sebab koran atau kertas itu licin, karena sering terpeleset, maka akhirnya kaki anakan puyuh malah jadi patah dan malah jadi tidak bisa berjalan. Satu lagi yang riskan biasa terjadi kepada pemula, yaitu perhatian berlebih, sebentar-sebentar kandang anakan dilihat, dibuka, dicek, ada yg ngumpul dikit di lampu langsung ganti lampu dan banyak perhatian lebay para pemula, menurutku tidak usah lebay dilihatin terus anakan puyuh. Selama pakan dan minum cukup dan kehangatan kandang bagus, maka insya Allah anakan puyuh tidak akan mati dan berhasil mencapai usia dewasa. Usia 45 hari sejak menetas puyuh sudah bisa bertelur loh hingga usia 9 bulan, sebelum akhirnya apkir. Nanti aku bahas di tulisan lainnya.

4. Pemindahan anakan puyuh ke kandang dewasa
Kepadatan anakan puyuh dengan ukuran diatas, biasa dari 150 butir telur yang menetas hari pertama hingga seminggu kedepan saya taruh di satu kandang, usia satu minggu hingga tiga minggu sebelum dipindah ke kandang dewasa saya mulai bagi anakan puyuh menjadi dua kandang amakan. Nah setelah tiga minggu atau dirasa besar (kira2 satu ekor sudah seukuran kepalan tangan) maka bisa dipindahkan ke kandang dewasa dan pakan diubah menjadi pakan khusus puyuh petelur.

Download buku panduan ternak puyuh 

Oke sekian dulu share perawatan anak puyuh, biasa aku menetaskan 200 butir dan menetas 150 ekor dan biasa berhasil dewasa 120 ekor. 

Comments