Cara membuat kandang puyuh

Cara membuat kandang puyuh
Kandang puyuh ku. Sumber: pribadi
Cara membuat kandang puyuh tidak lah sulit, Anda hanya perlu memperhatikan beberapa hal yang harus dipatuhi agar puyuh dapat berkembang biak dengan baik di kandang yang kita buat. Cara membuat kandang puyuh yang akan saya bahas disini adalah Bagaimana cara membuat kandang petelur, sebagaimana pengalamaan saya ternak burung puyuh petelur di belakang rumah saya. Langsung saja, berikut adalah hal-hal  yang harus diperhatikan dalam membuat kandang puyuh.

1. Rumah kandang
Untuk beternak puyuh, maka kandang harus ditaruh dalam bangunan, mengapa demikian? Sebab puyuh akan mati jika terkena air hujan, sehingga perlu dibuatkan rumah kandang agar terhindar dari hujan dan juga tidak mengganggu pemukiman karena bau kotoran nya serta bisa diawasi dengan baik jika berada dalam rumah kandang. Satu lagi hal paling penting, jangan sampai rumah kandang berada di lantai 2 atau 3 rumah, karena biasanya kualitas telur nya akan kurang bagus jika rumah kandang berada di atas rumah (pengalaman dari beberapa teman kuning telur nya menjadi menyatu dengan putihnya, saya tidak tahu Apakah karena memang letaknya yang di ketinggian menjadi penyebab nya atau kah karena lokasi kandang yang panas, tapi beberapa teman yang membuat rumah kandang puyuh di lantai 2 atau 3 rumah nya mengalami hal yang sama)

2. Ventilasi
Ini yang sangat penting dari rumah kandang puyuh. Anda harus mengatur bagaimana caranya agar suhu dalam rumah kandang menjadi sejuk (tidak panas), sebab rumah kandang yang panas juga akan mempengaruhi kualitas dan kuantitas telur. Sepengalaman ku, banyak peternak puyuh petelur baru ketika membuat rumah kandang tidak memperhatikan Bagaimana kiranya jika rumah kandang sudah diisi kandang puyuh. Mereka mengira ruangan rumah kandang sudah memiliki ventilasi yang baik, sudah sejuk, namun ketika dimasukkan kandang puyuh, puyuh dan adanya kotoran puyuh rumah kandang menjadi sangat panas. Tahukah Anda kotoran puyuh sangatlah panas, dan itu akan sangat berefek dengan suhu udara rumah kandang. Saran saya buatlah rumah kandang agak tinggi, sekitar 4 hingga 5 meter keatas, kemudian atap rumah kandang dibuat tumpuk dua, jadi ada ventilasi yang baik di rumah kandang. Berhati-hati membuat ventilasi, sebab puyuh itu burung, jangan sampai ketika ada kandang puyuh yang tidak sengaja terbuka dan puyuh keluar kandang kemudian say "bye bye!" ke tuan ny dan tak pernah kembali, hha...saranku jika memang berniat membuat lubang-lubang udara di kiri kanan rumah kandang, jangan lupa menutup lubang tersebut dengan kawat atau apa lainnya sehingga ketika tidak sengaja kandang terbuka, puyuh masih tetap berada dalam rumah kandang.

3. Bebas dari hama pengganggu
Disini tugasnya juga cukup berat. Hama puyuh diantara nya adalah ular dan tikus. Untuk ular terus terang selama aku beternak puyuh petelur tidak pernah puyuh ku diganggu ular, sebab aku membuat rumah kandang tepat dibelakang rumah ku dan aku tinggal di komplek perumahan, tidak pernah ketemu ular. Tapi aku kerepotan mengatasi hama tikus. Tidak jarang dalam semalam puyuh ku tewas hingga 5 ekor karena kepala nya hilang dimakan tikus saat puyuh mengeluarkan kepalanya keluar kandang untuk makan dan juga telur puyuh ku bisa habis hingga 10 butiran dalam semalam dimakan tikus. 

4. Tersedia nya air
Air itu sumber kehidupan, jadi dalam rumah puyuh usahakan ada bak penampungan air, sehingga Anda tidak kesulitan untuk membersihkan rumah kandang puyuh dan memberi minum puyuh.

Cara membuat kandang puyuh
Setelah membuat rumah kandang dan ventilasi nya sudah baik, maka barulah kandang puyuh bisa kita buat. Jujur saja aku kurang begitu paham soal ukuran kandang, karena yang membuat kandang puyuh adalah bapakku, tempo hari sempat nanya bapak, dan bapak bilang sudah lupa ukuran nya, mau ngukur pun ngga bisa lagi soalnya sekarang aku sudah di palembang, sementara dulu pelihara puyuh nya di batam. Jadi sepertinya tidak detail cara membuat kandang puyuh yang aku bagikan.

Bahan-bahan:
-kayu
-paku
-kawat
-triplek

Kandang puyuh sendiri ada dua jenis, pertama kandang anakan kedua kandang dewasa. Bedanya kandang anakan kiri kanan depan belakang ditutup triplek hanya sedikit di bagian depan yang diberikan kawat sebagai ventilasi dan juga lantai bawah dibuat dari kawat kecil agar kotoran nya bisa jatuh ke bawah.
Diatas adalah contoh kandang anakan yang aku punya. Gambar diambil dari buku puyuh yang aku bagikan dalam blog ini, silahkan di cek di salah satu postingan dalam blog ini, monggo di download, gratis.

Download buku panduan ternak puyuh

Kandang dewasa agar berbeda dengan kandang anakan, kandang dewasa kiri kanan atas bawah hanya ditutup kawat ram. Lantai kandang dibuat agak miring agar telur puyuh jatuh keluar (dibuat ada tempat telur puyuh keluar dari dalam kandang ke luar kandang). Ukuran kandang kalo aku tidak salah punya aku dulu 1,2 x 0,7 x 0,25 meter.
Diatas adalah kandang puyuh dewasa yang aku punya. Sekian dulu share cara membuat kandang puyuh yang aku bagikan. Menurutku untuk kandang puyuh nya sendiri bisa dicari di blog lain cara yang lebih lengkap. Tapi untuk hal-hal yang harus diperhatikan diatas, saya yakin cuma ada di blog ini dibagikan rahasia nya.

Comments