pencarian

Kurang fokusnya dosen melakukan pengajaran



Kurang fokusnya dosen melakukan pengajaran
Pada postingan kali ini saya akan membahas mengenai kurang fokusnya dosen melakukan pengajaran. Menurut saya, hal ini terjadi karena beberapa hal, diantaranya:
1.      Dosen yang mengajar bukan seorang yang memang pekerjaan utamanya adalah dosen, melainkan hanya sambilan. Dosen yang mengajar, yang mana pekerjaan sebagai dosennya adalah sambilan, menurut saya adalah hebat, sebab mereka harus bisa membagi fokus antara
pekerjaan utama mereka dengan pekerjaan sambilannya. Tapi perlu diingat, bahwa yang namanya sambilan, berarti bukan fokus utama mereka, sehingga apabila fokus sedang memerlukan perhatian lebih, bersiap lah sambilan akan menjadi imbasnya. Menurut saya alangkah lebih baiknya dipersiapkan orang-orang yang memang pekerjaan utamanya adalah seorang dosen agar terciptanya fokus dalam melakukan pengajaran.
2.      Dosen melakukan pengajaran hanya sebatas memenuhi kewajiban mereka sebagai pengajaran. Memang kita akui bersama, bahwa perkuliahan tidak sama dengan bangku sekolahan, di bangku perkuliahan kita semua dianggap sudah dewasa, sehingga kita dituntut untuk lebih aktif dalam perkuliahan. Orang dewasa tidak akan diperlakukan seperti anak kecil yang masih harus disuapi ketika makan, sehingga makanlah dengan caramu sendiri. Namun demikian, bukan berarti dosen harus lepas tangan sepenuhnya, Para mahasiswa masih membutuhkan bimbingan dosennya, sehingga para dosen diharapkan untuk bisa memberikan ilmu yang mereka miliki dengan sepenuh hati. Setiap dosen memiliki jam terbang berbeda-beda, biasanya jam terbang akan mempengaruhi mereka dalam melakukan proses pengajaran, sehingga diharapkan dosen tidak hanya membuka slide presentasi, membacakan apa yang tertulis di slide, tanpa menyampaikan apa sebenarnya ilmu yang bisa diambil dari slide tersebut.
3.      Mendekati UTS/UAS, mulai mengejar kredit SKS yang masih tertunggak. Saya rasa hal ini banyak terjadi di kampus-kampus di negeri kita tercinta, mendekati ujian, dosen sibuk mengatur jadwal bersama para mahasiswanya untuk menyiapkan waktu pertemuan pengganti atas tidak tepatnya waktu pengajaran. Hal ini sebenarnya bukan hanya menyebabkan dosen kurang fokus akibat terburu-buru guna mengejar kredit SKS tertunggak, tapi juga berimbas pada mahasiswanya. Para mahasiswa harus segera menyiapkan diri guna mengikuti ujian, tapi materi ujian baru diberikan beberapa hari sebelum ujian dilaksanakan. Ibarat intan di dalam bongkahan batu, hasil yang didapat akan tergantung pada hasil pengolahan.
Saya rasa itulah beberapa hal yang menyebabkan kurang fokusnya dosen melakukan pengajaran. Tulisan ini dibuat bukan untuk memojokkan beberapa pihak. Tulisan ini dibuat guna semakin meningkatnya kualitas pendidikan di Indonesia yang sudah baik menjadi lebih baik lagi kedepannya, AAMIIN....

0 Response to "Kurang fokusnya dosen melakukan pengajaran"

Posting Komentar